Minggu, 21 Juni 2009

MFM2 Juni 2009 ~ Indonesian Cuisine ~ Soto Betawi


Description:
Semenjak baca temanya untuk MFM2 bulan Juli 2009 MFM2 Bulan Juli 2009 ,yang di host oleh mbak Pepy awal bulan ini,kebayang mau bikin masakan ala daerahku yaitu Blora.Tetapi karena bahannya yang masih susah dicari ( baca : males bikinnya...) ,akhirnya saya putuskan untuk membikin entry masakan ini ,yaitu Soto Betawi.
Pertama kali saya merasakan enaknya soto betawi ini ,bukan di Jakarta lho ,ataupun di daerah lainnya,melainkan di rumah teman saya di Boston ini.
Jadi saya agak ragu dengan resep yang saya pakai kali ini ,yaitu tentang pemakaian sereh .Apakah soto betawi memakai sereh?
Karena dari resep yang saya pakai ,yaitu dari Yasa Boga nggak pakai sereh ,tetapi setelah saya goggling kok banyak resep yang memakai sereh?...
Yang jelas pakai sereh ataupun tidak tetap enak ,karena saya suka sekali dengan aroma kayu manis yang terasa dari soto ini,juga saya tambahkan sedikit kunyit bubuk agar warnanya menarik...


Ingredients:
Daging Sandung Lamur 250 gr ,potong2 1x2 cm ,rebus(bisa juga pakai jerohan tetapi saya tidak )
Kayu manis 5 cm
Daun salam 2 lembar
Pala 1/2 buah dimemarkan
Daun bawang 2 buah ,iris tipis
Seledri 2 batang (saya nggak pakai )
Tomat 1 buah ,potong2
Kecap manis 2 sdm
Bawang goreng 2 sdm
Emping goreng
250 ml santan
Air kurleb 1 liter

Bumbu halus:
bawang putih 3 buah
bawang merah 4 butir
jahe cincang 1 sdt
lengkuas cincang 1 sdt
ketumbar 1/2 sdt
merica bulat 1 sdt
jintan 1/4 sdt
kemiri 3 butir
kunyit bubuk 1/4 sdt (yasa Boga nggak pakai )


Directions:
Tumis bumbu halus ,daun salam ,kayu manis dan pala sampai harum.
masukkan daging ,aduk sampai rata,masaka hingga empuk
masukkan santan sambil diaduk hingga mendidih dengan api kecil.

Cara menghidangkan:
masukkan potongan daging ke dalam mangkuk,beri irisan seledri ,daun bawang,tomat dan taburan bawang goreng.
tuangi kuah panas
Hidangkan dengan irisan jeruk nipis ,kecap ,emping dan sambel rawit.

Photobucket

22 komentar:

Aity Meivers mengatakan...

wah, kudu dibikin nih... thanks ya!!

Evimeinar Nasution mengatakan...

sorry kyknya gak masuk ke emailku, bs tolong dikirim lagi. makasih atas partispasinya

shelvy linares mengatakan...

wadoh enak bener yaks...
bikin ngeces...

♥N♥ ♥P♥ mengatakan...

enak nya asri... blm pernah bikin soto betawi ini...

May Hickman mengatakan...

Mantap bgt nih soto betawi....

Asri Pamuncar mengatakan...

asyik ini asri, sy sering bikin ini ada yg suka di rumah
tfs ya

Linn Pauwels mengatakan...

waduh mana tahaaannn jadi laper neh

Aity Meivers mengatakan...

laporan bu! udah bikin dan mantaaaappp... menghilangkan kekangenan pada rumah :)

asri wahyuningsih mengatakan...

hayuukk silahkan...

asri wahyuningsih mengatakan...

senang sekali bisa ikutan mbak Pepy...
sorry email-nya kemarin jadi muter-muter hehe...

asri wahyuningsih mengatakan...

makan siang bareng yuukkk..

asri wahyuningsih mengatakan...

hampir sama kayak gulai uni kalau menurut saya..

asri wahyuningsih mengatakan...

percobaan pertama mbak May...

asri wahyuningsih mengatakan...

kalau jenis soto-sotoan semua yg suka mbak di rumahsaya..

asri wahyuningsih mengatakan...

nggak usah ditahan donk mbak ..ayo makan...

asri wahyuningsih mengatakan...

hehe...langsung bikin ya kemarin...?

Lina W mengatakan...

duuuh...sotonya mengundang banget...lapeeer..euy...

asri wahyuningsih mengatakan...

wah mbak Lina baru datang malem2 nih...

fedi andina mengatakan...

Salam kenal mbak .... mampir di blognya!

asri wahyuningsih mengatakan...

Makasih udah mengunjungi blog saya mbak Fedi..

Lia FD mengatakan...

ini soto doyanan suamiku banget mbak.. tfs ya

asri wahyuningsih mengatakan...

suami saya juga bilang enak lho...sudah bosen dia makan soto ayam heheh..

Friends