Kamis, 16 Juli 2009

Mini Japanese cheesecake


Description:
Cake ini saya bikin beberapa hari yang lalu dalam rangka Ultah Kangmasku tercinta.Resepnya saya ambil dari japanese Cheesecakenya mbak Vin.Loyang yang saya pake adalah 3 tier cake set,yang paling besar diameternya 10 cm (mini),dan berhubung cake yang bagian atas diicipi putri saya ,akhirnya yg jadi adalah 2 tier cake saja..
Teksturnya lembut sekali (seperti yang dikatakan mbak Vin) ,cuma sayangnya cake punya saya bagian atas cepet banget gosongnya...walupun temperatur sudah diturunkan ,akhirnya saya potong bagian atas itu pada waktu menghias.Menghiasnya juga masih sederhana sekali (walupun cuma sederhana kayak gitu makan waktu berjam-jam hehe..).
Berhubung resepnya mbak Vin saya pakai semua ,ada banyak adonan yang tersisa yang akhirnya saya panggang dengan loyang bongkar pasang.Dan pada waktu saya panggang dengan metode Au bain Marie ,air di loyang bawah habis ,saya tambahkan air lagi...akibatnya cake yang tadinya mengembang cantik kena rembesan air dari bawah tadi...(waduh sedih sekali hatiku...).Jadinya cake yang satu itu lebih keras teksturnya.Untungnya cake yang akan saya pakai untuk ultah kangmasku nggak apa2...


Ingredients:
Japanese Cheesecake
from Seduction Cheesecake by Catherine Lau

60 gr mentega
250 gr cream cheese
120 ml whipping cream
50 gr tepung terigu
30 gr maizena
3 kuning telur
1 telur
2 sdt kulit lemon
5 putih telur
1/8 sdt garam
120 gr gula kastor/gula pasir(saya pakai gula halus)
1 sdt lemon juice

Buttercream:
2 stick margarin putih
1 kaleng susu kental manis
pewarna secukupnya


Directions:
Olesi dan alasi dengan kertas roti loyang springform diameter 23cm. (saya pakai 3 tier cake set+loyang bongkar pasang)
Panaskan oven 160 derajat.
Campur butter, cream cheese dan whipping cream, panaskan dan aduk diatas panci berisi air panas sampai adonan rata. Sisihkan.
Campur bahan kering yang telah diayak, masukkan ke adonan cream chesse, aduk rata. Tambahkan kuning telur dan telur yang sudah dikocok lepas, aduk rata. Tambahkan parutan kulit lemon.
Kocok putih telur sampai berbusa, tambahkan gula, garam dan lemon juice, kocok sampai soft peak.
Ambil 1/3 adonan putih telur, campur dengan adonan cream cheese. Masukkan 2/3 adonan terakhir. Aduk rata.
Tuang ke dalam loyang, panggang secara au bain marie selamat 1 jam 10 menit (tergandung oven masing2 ya..mbak Vin baru 1/2 jam-an udah overbaked (saya juga), suhu bisa diturunkan jadi 150 celcius derajat).
Setelah matang,biarkan selama 30 menit di dalam oven. Setelah itu, keluarkan loyang berisi air, tetap diamkan loyang cheesecake di dalam oven dengan pintu oven terbuka, biarkan sampai benar2 dingin. Keluarkan, beri topping, dan simpan dalam lemari es.

Photobucket

26 komentar:

Hany VG mengatakan...

pernah nyoba bikin beginian mbak, dan kueku juga jadi kempes gitu. Tapi rasanya lumayan (menurut diri sendiri)

Sri Fon mengatakan...

Kayaknya lembut banget ya.....

Rachmah Setyawati mengatakan...

enaaaaaak....

May Irianti mengatakan...

aaah gak kukuuu... >_

vierly juanita mengatakan...

huuumm.. jg kepengen..

vierly juanita mengatakan...

huuumm.. jg kepengen..

vierly juanita mengatakan...

huuumm.. jg kepengen..

Ike Hermawan mengatakan...

keren As....beneran.....:)

♥N♥ ♥P♥ mengatakan...

cantik cake nya asri, kliatan lembut nya... wah.. jadi begini yah model nya japanese cheesecake, kayak tekstur cake biasa yah.. beda ama cheesecake yg pernah uni bikin slama ini.. yg dasar nya dari biscuits..

Lina W mengatakan...

cantiiik banget kuenya ...udah kebayang deh kelembutan texturenya..nyam..nyam..

asri wahyuningsih mengatakan...

saya baru sekali nyoba bikin japanese cheesecake mbak Hany..lembut yah..

asri wahyuningsih mengatakan...

iya mbak lembuutt tenan..

asri wahyuningsih mengatakan...

enaak donk..sayange ada yg gosong hehe..

asri wahyuningsih mengatakan...

hehe...pingin yah..

asri wahyuningsih mengatakan...

yang lagi diet pantangan nih..

asri wahyuningsih mengatakan...

makasih mbak..sayange menghiasnya masih amburadul..

asri wahyuningsih mengatakan...

lebih lembut dr cake biasa uni...cobain bikin deh..saya sampai takjub betapa lembutnya...(hayah..) hehe..

Jane Albertina mengatakan...

kabita nih lihat fotonya mba Asri.... *ngerti kabita nggak mba?* bhs Sunda...= ngiler...kepengen :))

shelvy linares mengatakan...

di contek nehhhh pengen bikin dari dulu tapi gak pernah bisa...tfs yah bu

Dhian Novita Lestari mengatakan...

wah...mantap kali Mom vicky....
hmmm dah okey banget tuh...
aku suka banget Japanese Cheese cake...
mau dunk dibuatin?..

asri wahyuningsih mengatakan...

hehe masih belepotan ngehiasnya mbak...malu..

asri wahyuningsih mengatakan...

hhmmm kosakata baru nih buat saya hehe..
hayu bikin biar nggak kabita lagi..hehe

asri wahyuningsih mengatakan...

resepnya dari mbak Vin nih mbak..silahkan aja kalau dicontek..

asri wahyuningsih mengatakan...

saya baru nyobain bikin pertama kali nih...agak ribet manggangnya..

dahalia indah mengatakan...

uhhhhh....mantapss jeng....pengen ikutan ngicip jadinya, menghias sederhana aja gini, gmn yang gak sederhana jeng asri...wes ciamikk puoolll....salam selamat ultah buat kangmasnya ya...:)

asri wahyuningsih mengatakan...

makasih ucapan selamatnya mbak Indah..
sederhana karena tadinya pingin belajar yang ada mawar2nya itu lho..nggak jadi ,soale mawarnya nggak bisa mekar hehe..

Friends