Rabu, 11 November 2009

MFM # 2 November 2009; World Cuisine : Potato Ravioli With Marinara Sauce


Description:
Akhirnya edisi Bulan November MFM datang juga ,setelah bulan lalu ditiadakan.Kali ini Hostnya adalah Mbak Rurie ,yang kali ini mengangkat tema World Cuisine .
Setelah agak lama mikir- mikir akhirnya saya putuskan untuk bikin masakan ini,masih sejenis dengan Potato ravioli ,yang kemarin.Bedanya ,yang kemarin digoreng dan berbentuk setengah lingkaran yang ini bentuknay segi empat dan dimasak seperti pasta biasa (Sayangnya masih kurang canggih membentuknya).Yang paling penting Vicky happy...(menenangkan diri hehe..)
Adonan Raviolinya masih sama juga ,tinggal bikin saus marinaranya aja..
Tadinya mau ditambahin Parmesan karena sedang nggak punya ditaburi sama cheddar aja...

Note : Foto ini adalah Ravioli saus marinara ala Vicky yang nggak boleh ada hijau2nya,nggak boleh ada tomat chunkynya,jadi harus merah saja.Terpaksa saya saring dulu...hingga daun basilnya nggak ada.


Sumber:
Resep Ravioli dari buku Greatest Ever potato
Resep saus marinara : dari sini

Ingredients:
Russets potatoes 3 buah,kupas dan potong2
Kuning telur 2
Olive oil 3 sdm
All Purpose Flour 1 1/2 cups,plus for dusting
Garam dan merica sesuai selera


Isian:
Minyak goreng 1 sdm
Groung beef 125 gr
Bawang merah 1 butir ,cincang
Bawang putih 1 siung,cincang
Tepung terigu 1 sdm
Saus Tomat 1 sdm
Kaldu sapi 1/2 cup
Seledri 1 batang,cincang
Tomat 2 buah,buang kulitnya dan potong kotak2
Garam dan merica secukupnya

Saus Marinara :
2 sdm olive oil
3 siung bawang putih, cincang
1 kaleng Italian plum tomatoes, undrained
1/4 cup tomato paste
2 sdm dried basil leaves atau 2-3 sdm fresh basil, chopped
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt garam
1/4 sdt bubuk paprika


Directions:
Isian:
Panaskan minyak goreng,tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
Masukkan ground beef hingga berwarna coklat ,tambahkan tomat dan seledri.
Tambahkan kaldu sapi,garam dan merica.
Terakhir masukkan tepung terigu.
Masak dengan api kecil hingga kering.
Sisihkan,biarkan hingga dingin

Ravioli:
Rebus kentang hingga empuk,kurang lebih 10 menit.
Angkat.Haluskan.
Masukkan kuning telur dan olive oil.Tambahkan garam dan merica sesuai selera.
Kemudian masukkan tepung terigu dan uleni hingga kalis.
Ambil adonan secukupnya dan pipihkan agak memanjang ,isi dengan isian dan tutup dengan separuh kulit ,rekatkan tepinya dan potong biar rapi.
Didihkan air dan masukkan ravioli di dalamnya,rebus hingga matang.
Tiriskan.

Saus marinara :
Panaskan Olive oil dengan api sedang ,masukkan bawang putih dan masak kurleb 2-3 menit.
Masukkan bahan2 yang lainnya ,masak hingga hingga mendidih.
Turunnkan panas kompor ,masak dengan api kecil hingga min 10 menit.
Siap digunakan.

Photobucket

28 komentar:

Asri Pamuncar mengatakan...

sepertinya yum yum nih...
asri selain pizza dan fetuccini , masakan italia belum pernah mencicipi :)

Bia .R. Adawiyah mengatakan...

Pasti enak nih..!

Jane Albertina mengatakan...

duh mba Asri rajin banget bikin ravioli sendiri... Vicky ga suka sayur mba? ga mau ada ijo2nya ?

asri wahyuningsih mengatakan...

lha kemarin bikin Tiramisu juga kan?...Italian juga kan?hehe...

asri wahyuningsih mengatakan...

makasih teh Bia...lumayan buat percobaan..

asri wahyuningsih mengatakan...

hehe..ternyata nggak susah2 amat mbak Jane,Lha kadang ijo2 cm dari oregano atau basil aja dia nggak mau,jangankan sayuran yg besar mbak...
pusing...masak makan spagetti harus ngilangin oreganonya dulu...mending nggak usah dikasih sekalian kan?hehe..

Jane Albertina mengatakan...

udah keseringan lihat yang instant nih...kadang jadi enggan coba buat sendiri :) Duh repot amat ya ngilangin oregano yang kecil2 he.he..mending pisahin aja deh sausnya yg buat Vicky khusus he.he.

Haley GR mengatakan...

mbak, keknya gampang bikin ravioli terigu deh, lha ribet klu pake potato... untuk ravioli potato aku antri piring aja yaa... ntar aku ikut nyuci piring deh... hahahaha

Linda Fitriwati mengatakan...

Ribet kayaknya...gak bisa ngebayangin hehehe

Linn Pauwels mengatakan...

makclong... bikin laper pagi2 gini...

cdp-at-large squash mengatakan...

Boleh juga nih mbak dicoba bikin potato ravioli :) Tfs..

May Hickman mengatakan...

Mmmmmmmm..look yummy
btw, kulitnya harus dua..dibawah trus isi trus tutup lagi dgn kulit and potong .

asri wahyuningsih mengatakan...

haha...sama aja kok mbak haley...coba nanti aku buktiin dulu yang pake terigu aja piye...ribetnya sama deh hehe...

asri wahyuningsih mengatakan...

nggak begitu ribet sih...kayak bikin pastel gitu deh...

asri wahyuningsih mengatakan...

yuk sarapan sama 2..hehe...
ngggak cocok buat breakfast yah...brunch kali ya...

asri wahyuningsih mengatakan...

sama-sama...
sekedar memanfaatkan kentang aja nih...
kalau ada sale selalu gelap mata,akibatnya bingung mau dibikin apa..

asri wahyuningsih mengatakan...

nggak 2 mbak,aku sih satu aja,dipipihkan dulu agak lonjong gitu,terus tengahnya diisi ,baru ditutup dengan separuh kulitnya,terus dipotong gitu...

Tiwi Umi mengatakan...

wah enak banget nih...,
kapan2 harus nyoba nih...

Sri Fon mengatakan...

Rajin banget bikin ravioli....

asri wahyuningsih mengatakan...

yah kalau suka dengan jenis2 pasta insya allah suka mbak...
selamat mencoba..

asri wahyuningsih mengatakan...

kalau nggak buat ikut event tertentu nggak juga sih mbak hehe...

asri wahyuningsih mengatakan...

iya mbak Jane...akhirnya gitu,bikin saus khusus buat Vicky...
kerja double deh...

Yeni Yulinda mengatakan...

rajin,kalo aku mah enak beli jadi aja..

eka ekawidiyati mengatakan...

Tfs ya...jadi lebih tahu masakan negara lain....

asri wahyuningsih mengatakan...

kalau dikasih pilihan mau beli atau bikin sendiri...saya juga mau beli aja mbak hehe..

asri wahyuningsih mengatakan...

sama-sama mbak Eka..
buat selingan saja masakan ini...

Rurie Sofyaniek mengatakan...

sannyo - mengatakan...

Hm...yummy banget...keren euy fotonya...

Friends