Senin, 02 Februari 2009

Bakwan jagung


Description:
Sudah lumayan lamaaa....sekali nggak bikin bakwan jagung,bukan karena nggak ada jagung di Boston,melainkan karena jagungnya belum musim ,alias kedinginan (hehe...) jadi jagungnya masih lumayan mahal.Jagung 6 biji seharga 3 dollar mahal nggak sih?...mahal kan ya?....
Sampai kemarinpun saat aku belanja harganya masih mahal juga ,akan tetapi karena beberapa hari lalu terpikat Perkedel jagungnya pak Margono,dengan sedikit terpaksa karena pingin banget makan bakwan jagung ,belilah jagung yang mahal itu....
Resepnya nyontek resep pak Margono dengan sedikit ditambah bumbu dan sayuran...
Hasilnya bakwannya memang empuk sekali terus kalau digigit pas kena butiran jagungnya" mak kletus "hehe.....tidak gembel...(maklum kadang2 aku kalau bikin suka gembel...).
Pokoknya sip deh....makasih ya pak Margono....

Ingredients:
Jagung manis 3 buah ,diiris dan sedikit dimemarkan,jangan sampai hancur,kurang enak...
Bawang merah 5 butir
Garam 1 sdt
Gula 1 sdt
Merica bubuk 1/4 sdt (resep aslinya nggak pake)
Bubuk kencur sedikit saja (resep asli juga nggak pake)
Telur 1 butir
Terigu 5 sdm
Daun bawang 1 batang ,diiris tipis
Wortel 1/2 buah diiris korek api
Udang 10 ekor,potong kecil2
Minyak goreng
Air hangat secukupnya

Directions:
Haluskan bawang merah dan garam
Campurkan semua bahan menjadi satu dan tambahkan air hangat
Goreng hingga matang...

Photobucket

56 komentar:

Yeni Yulinda mengatakan...

Asri masih ada nggak,aku bbagi ya buat teman makan sate..

asri wahyuningsih mengatakan...

masih sepiring tuh mbak....masih anget lagi hhehe...

May Hickman mengatakan...

aku doyan bgt ama bakwan.
disini 3 biji harganya 1$.kl spring n summer bisa dpt 6 biji

asri wahyuningsih mengatakan...

kemarin pas summer kayaknya bisa 1 biji 25 sen mbak....lumayan murah...kalau winter kayak gini mana ada harga segitu...hiks....

Vini Canaday mengatakan...

Bagi dooonnggg he he...

SiMbok Piti mengatakan...

gembel tuh maksudnya bakwan nya kayak apa :-D

♥N♥ ♥P♥ mengatakan...

asyik nih dingin2 dan bersalju kyk disini makan bakwan jagung hangat:)

Dessy Ojong mengatakan...

wah.., bakwan jagung, saya suka bangeeeettt..

Monika Reeck mengatakan...

Penampilannya meyakinkan skl Asri...comot satu yaa...hehe
Asri ga suka pake jagung kalengan ya...aku kalau bikin perkedel jagung pake yg kalengan aja kan udah enak ga usah mipilin :)
Asri kartuku dah sampe blm ya say..duh masa ilang dijalan ya sedih hiks...

Elisa S mengatakan...

Iya, 6 biji $3 itu ngak on sale. Kalau lagi murah-murahnya bisa 4 $1. Bahkan mungkin bisa 6 ya. Saya selalu pilih jagung putih yang lebih manis. Kalau jagung kuning rasanya lengket-lengket di dalam mulut.

Cinta Tiara mengatakan...

aku selalu pake jagung kalengan Asri, rasanya lumayan juga, menurutku 6 biji untuk 3 dolar ya gak mahal dong, di NL 2 biji hampir 2 euro :(

Evimeinar Nasution mengatakan...

udah lama gak makan ini mauu dunk

Sri Fon mengatakan...

Dingin-dingin gini kok yo pamer perkedel jangung to....hiks...hiks...hiks...ngiler berat.....

Mira Assjarif mengatakan...

Duh kalo yang jagung-jagungan sih dirikyu doyaaaan... ;)

asri wahyuningsih mengatakan...

hehe silahkan...masih banyak kok...bikinya hari ini lho..

asri wahyuningsih mengatakan...

seringnya mungkin karena kebanyakan tepung jadi agak keras mbak...nggak menul2...wah gimana ya njelasinnya...pokoke kurang pas geto...

asri wahyuningsih mengatakan...

niatnya mau dijadiin lauk malah jadi cemilan nih uni....hehe

asri wahyuningsih mengatakan...

siip deh...banyak temennya rupanya penggemar bakwan...hehe...

asri wahyuningsih mengatakan...

belum pernah pake yang kalengan mbak Monik...nanti kapan2 coba ahh...
iya nih aku tunggu tunggu kok belum nyampe 2 yah...
jangan2 kesasar?...

asri wahyuningsih mengatakan...

oh ya ...aku nggak merasakanya tuh mbak hehe...payah ya?
kebetulan aku ini pake yang kuning,lumayan manis juga kok...

asri wahyuningsih mengatakan...

lebih murah pake yang kalengan yo jeng?...

asri wahyuningsih mengatakan...

hihi ayo silahkan...

asri wahyuningsih mengatakan...

mbak Sri nyebutnya kok sama kayak pak margono mbak?perkedel jagung?
kalau menurutku sih bakwan jagung nih...

asri wahyuningsih mengatakan...

tadinya mau dibikin lepet...karena cuma ada 6 biji terus Vivky minta direbus ,akhirnya nggak jadi deh....
sisanya dibikin bakwan aja deh..

Rachel Hutami mengatakan...

Wah kayaknya enak banget nih! Ntar kapan aku coba deh pake jagung kalengan... Thx for sharing ya!

Jane Albertina mengatakan...

aku suka pake yg frozen mba...lebih murah :) ...enak yg seger kali ya....*nyomot tigaa deh mba..*..btw, kemaren mba ke 88 food court? aku koq kayak lihat mba..tapi masih yakin ga yakin trus aku lagi makan ala koboi cepat2 krn hrs kembali ke NH lg sblm jam 3.30 hrs udah nyampe...aku ga sempet mengejar mba...klo ga salah lagi jalan ke arah 88 pintu yang dekt spm...bener ga ya...masih ragu takut salah :)

asri wahyuningsih mengatakan...

aku sendiri kalau pake jagung kalengan malah belum pernah nyobain mbak...tapi kalau berdasar saran teman2 sepertinya patut dicoba deh pakai yang kalengan....

asri wahyuningsih mengatakan...

kalau rasanya gimana yang frozen?wah aku harus nyobain juga yang frozen nih...lebih murah dan awet kan?hehe..

Jane Albertina mengatakan...

lumayan aja mba rasanya....sekantong di MB ada yang $1.00..cobain aja mba..ok..ok aja..buat dirantau mah :)

Maya Ekatrina mengatakan...

jadi pengen bikin juga, hehehehe... latah mode on.....
aku suka campur ama udang yang di cincang kecil2, mba, selain kencur, rasanya jadi manis.... :)

★ 김 호 은 ★ mengatakan...

ASri...duh....paling enak nich makanya pake cabe rawit siippp euiii...

Asri Pamuncar mengatakan...

ini makanan fav sy dr dulu, kalo di kampung halaman sy makannya pake sayur bayam , terus sambal kemangi yummmmm.
jagung frozen gak bisa kah say

Sri Fon mengatakan...

Disebut bakwan karena pake wortel ya?

kobeh aza mengatakan...

asri..musim dingin ginijagung mahal dna susah yah dicarfi..aku jua kangenn...beli sih kmaren jagung tapi ga gituh seger kaya summer..hihiisummer murah meriah banjir jagung diman manaaa

asri wahyuningsih mengatakan...

wah lumayan tuh bisa berhamat banget hehe...aku baru nyobain bayam aja yg frozen belum pernah nyobain yang lain...
nanti deh kalau belanja lagi..kudu masuk list...

asri wahyuningsih mengatakan...

oh iya sampai lupa belum ditulis tuh mbak Maya,aku juga pake kok...karena cuma dikit sampai lupa hehe...
makasih yah...

asri wahyuningsih mengatakan...

bener banget klop deh...bikin lagi yukk hehe...

asri wahyuningsih mengatakan...

kemarin juga masak sayur bayam hehe...memang cocoknya itu yo mbak...
tapi sambalnya nggak pake kemangi....udah lamaaa banget nggak makan kemangi...mbak asri bikin ngiler deh...
kata temen2 pake jagung frozen ok juga tuh...

asri wahyuningsih mengatakan...

wah nggak tahu ya mbak hehe...karena sejak dulu aku tahunya namanya bakwan...jadi tanpa embel2 jagung pun orang2 di jawa Tengah tahu kalau yang dimaksud makanan ini...

asri wahyuningsih mengatakan...

kemarin aku belinya di Shaws mbak...kebetulan bagus banget ...tapi ya itu...muahalll....
kapan yah summer datang...?

Sri Fon mengatakan...

Aku orang Semarang, tapi nyebutnya juga perkedel jagung. Kalau bakwan biasanya bakwan udang atau bakwan sayuran. Itu lho yang pake terigu dan biasanya bentuknya bulet di bawah tapi "rata"di atasnya, kadang dicetak pake sendok sayur.....ternyata macem-macem ya istilahnya....

Nona Fitria mengatakan...

kemarin habis buat dadar jagung juga

asri wahyuningsih mengatakan...

oh gitu ya hehe...mungkin tepatnya kalau aku sebut di Blora (asalku )gitu kali ya?
hehe....atau lebih pas lg kalau dirumahku dulu....
wah...jadi bingung sendiri aku mbak...
Semarang Blora aja udah beda yah? hehe...

asri wahyuningsih mengatakan...

dibikin kayak telur dadar gitu ya mbak?

uum humaerah mengatakan...

Lagi turun salju begini makan bakwan jagung buatan mbak Asri, enak sekali plus cabe rawit merahnya- hhhhaaa..hhhh

asri wahyuningsih mengatakan...

iya mbak Uum cocok banget yah...sayangnya jagungnya belum murah nih hehe...

Linda Fitriwati mengatakan...

Saya juga baru bikin nih Asri...kletus2 mantap jagungnya...

peek- a-boo mengatakan...

disana lagi bersalji ya asri??...di spore juga jagung ikut musim...

asri wahyuningsih mengatakan...

aku biasanya bikin jagungnya sampai hancur banget mbak Linda,ternyata lebih enak kalau masih ada yang kletus2 gini yah...

asri wahyuningsih mengatakan...

betul,seminggu sekali sepertinya turun sekali deh....

Shinta Damayanti mengatakan...

Asyiikkk aku punya jagung juga nih Asri, nyontek ya...

yusy sriwindawati mengatakan...

halah....manteep...bari ngacai dech....

asri wahyuningsih mengatakan...

silahkan mbak...dijamin ketagihan hehe...

asri wahyuningsih mengatakan...

than you mbak Yusy...

Margono M. Amir mengatakan...

Tampaknya enak sekali!
Apalagi ditambah (banyak) udang dan sayuran.
TFS

asri wahyuningsih mengatakan...

hehe enak banget pak..pake resepnya siapa dulu donk....

Friends