Selasa, 08 September 2009

MFM # 2 September 2009 : Soto dan Sate Nusantara * Soto Lamongan*


Description:
Asyiiikkk...begitulah kira2 reaksi saya sewaktu membaca tema untuk MFM # 2 September 2009 ,yaitu Soto dan Sate Nusantara.Karena Soto dan Sate adalah 2 makanan favorit saya ,terutama Soto.

Lihat saja daftar Soto saya :
1. Soto Madura Daging Sapi
2. Soto Banjar
3. Soto Blora ,dari daerah asal saya
4. Soto Betawi
5. Soto Ayam ala Asri ,soto ayam pertama yg saya kuasai (pake wortel lagi..) hehe..

Jadi begitu Mbak Haley host MFM #2 September 2009, mengumumkan dimulainya MFM bulan ini ,langsung saja saya tancap gas nyari resep soto keenam...
Dan pilihan saya kali ini adalah Soto Lamongan.
Keunikan dari Soto Lamongan ini adalah dalam pelengkapnya ,selain suun,taoge dan pelengkap wajib soto2 yg lain ,yaitu penambahan Koya Kerupuk Udang ,yang membikin soto ini tambah gurih.
Selain itu juga pemakaian ikan Bandeng/udang (yg dihaluskan bersama bumbunya ) dan kencur (karena nggak ada dlm soto2 lain ),yang tentunya membikin Soto Lamongan Tampil beda.
Jadi dalam kesempatan ini saya ucapkan terimakasih buat Mbak Eka Widiyatati ,yang sudah membocorkan resep Soto Lamongannya dan Koya Kerupuk Udangnya.."Matur Nuwun Sanget mbak Eka..."

Photobucket

Ingredients:
Ayam kampung 1 kg,bersihkan
Bawang putih 7 siung
Bawang merah 6 butir
Ketumbar 1 sdm
Merica butir 1 sdt
Jahe 1 cm
Kencur 2 cm (saya pakai kencur bubuk 1 sdt)
Garam secukupnya
Kunyit bubuk 1/4 sdt
Kemiri 3 butir
Daging ikan Bandeng 2 sdm yang udah dibersihkan durinya dihaluskan bersama dengan bumbu ( kalau gak ada ikan bandeng bisa diganti dengan udang kupas trus dihaluskan) = saya pakai udang

Yang dikeprek :
Laos
Serai 2 batang
Daun jeruk 3 lembar

Pelengkap:
Taoge pendek
Suun
Koya kerupuk udang
Telur rebus
Kecap manis
Jeruk nipis
Bawang merah goreng

Directions:
Rebus daging ayam hingga empuk ,kemudian goreng hingga kekuningan.Diamkan hingga dingin ,kemudia suwir-suwir.
Tumis bumbu halus bersama udang yg sudah dihaluskan hingga harum ,masukkan ke kaldu ayam masak hingga matang
Siap dihidangkan bersama pelengkapnya.

Photobucket

* PS : diantara 2 foto diatas mana yg lebih bagus ya?sebenarnya mau pasang satu aja sih..tapi kok bingung mutusinnya?...

21 komentar:

Yeni Yulinda mengatakan...

penampakannya segarrrrr nih say..
ngebayangin ngirup kuahnya.

Tiwi Umi mengatakan...

duh kalo bikin kayaknya repot bgt..nih..,ambil aja ah se mangkok ini...
seger tenan mba asri...

Asri Pamuncar mengatakan...

sama asri...penggemar soto, apalagi kalo sotonya tinggal makan hehehe

cdp-at-large squash mengatakan...

Waduh enak sekali nih mbak, saya juga suka sekali soto cuman suka ribet di printilan nya ya mbak kalo bikin soto itu :)

asri wahyuningsih mengatakan...

namanya juga soto mbak yeni..pertama yang bikin nggak kuat kan penampakannya itu kan?hehe..

asri wahyuningsih mengatakan...

saya sering bikin soto soalnya jadi ribetnya sudah nggak terasa lagi hehe..saking kebalnya..

asri wahyuningsih mengatakan...

setuju banget...
sering bikin soto juga mbakyu?

asri wahyuningsih mengatakan...

kalau yg ini nggak begitu ribet lho...nggak pakai kentang goreng,perkedel kentang kan?koya kerupuk udangnya juga gampang bikinnya kok.
cobain deh..

eka ekawidiyati mengatakan...

Alhamdulillah akhirnya berhasil ya mba.....
Jempol dua deh.....

asri wahyuningsih mengatakan...

Alhmdulillah..berhasil..makasih resepnya mbak Eka..
sayangnya koyanya agak kurang halus yah?

eka ekawidiyati mengatakan...

he..he...gak pa pa khan lagi pertama kali...
btw kemarin koyanya gak diblender ya...
biasanya saya pakai blender kering....
n kalau dulu blum musim blender katanya diuleg or tumbuk pakai lumpang kecil...biasanya bikin agak banyak trus tahan lama kalau ditaruk kulkas jadi waktu bikin menu soto tinggal pakai,.....

Haley GR mengatakan...

wuaaaaaaaaaahhh.... seger banget sotonya mbak... jadi ngiler tenan!!
Wah, tfs soto lamongannya ya mbak, ini salah satu soto fav-ku, cuman blum pernah bikin. Aku bru tahu klu soto lamongan pake bandeng/udang yg dihaluskan, pantes rasanya beda dg soto2 lain. Apalagi penambahan poyah/koya-nya itu bikin mantep!

Dan thanks udah ikutan MFM #2 September... jgn lupa nulis link resep ini di sini :)

asri wahyuningsih mengatakan...

nggak mbak eka...lha saya bikinnya cuma sedikit kok...kerupuknya cuma 4 buah haha...jadinya tak ulek aja...nguleknya di plastick ziploc lagi jadi kayak remahan roti sekilas hehe....soalnya persediaan kerupuknya udah nggak ada hehe..

ririk octavia mengatakan...

mbak asri emang fans berat soto yah, aku juga nyobain soto bloranya mbak enak tenan

Sri Fon mengatakan...

Muanteeeeeppppppppp.................................kalau pake poyah (kerupuk udang yang diancurin) berarti kayak soto ambengan ya.....

asri wahyuningsih mengatakan...

laporannya sudah diterima kan mbak?

asri wahyuningsih mengatakan...

oh ya?memang soto tak tertandingi deh hehe...

asri wahyuningsih mengatakan...

saya belum tahu soto ambengan kayak apa mbak?sudah pernah bikin/upload belu?(penasaran maneh ki...)

Sri Fon mengatakan...

Aku pernah coba resep ini:

http://www.resepnugraha.net/resep/detail/?no=505

Aku modif sana-sini (karena kami ngga makan ayam), akhirnya jadinya seperti ini:

http://cutyfruty.multiply.com/journal/item/5/Soto_daging_cincang

Menurutku enak.....

asri wahyuningsih mengatakan...

kalau baca dr ingredientnya hampir sama ya mbak ,mungkin karena sama2 jawa timur kali ya?...hehe..

Haley GR mengatakan...

Trima kasih sudah berpartisipasi mbak Asri,
Selamat menikmati semua potluck di Round Up MFM #2 September 2009

Salam, Haley

Friends